Pengalaman Big Bad Wolf Surabaya 2016

Postingan ini tidak ada hubungannya dengan cosplay maupun makeup ya... Pada kesempatan kali ini, aku hanya ingin berbagi pengalaman saat mengunjungi Big Bad Wolf di Surabaya beberapa minggu yang lalu.


Apa sih Big Bad Wolf itu?

Mengacu pada deskripsi di website-nya, Big Bad Wolf Book Sale adalah pameran buku terbesar di dunia dengan diskon 60-80%.

Pameran di Surabaya ini adalah kali ke-dua BBW di Indonesia. Sebelumnya mereka singgah di daerah Jakarta sekitar April-Mei yang lalu.

Sebenarnya aku sama sekali tidak ada rencana untuk mengunjungi BBW. Namun karena banyak teman di timeline Facebook-ku memposting mengenai event ini akhirnya aku jadi penasaran. Ya, awalnya sekedar penasaran. Jujur, aku bukan seorang pecinta buku maupun orang yang suka membaca. Aku baru tertarik membaca novel akhir-akhir ini saja. "Mumpung diskon besar", pikirku.


BBW Surabaya dibuka mulai 20-31 Oktober 2016 selama 24 jam non stop! Aku sendiri baru bisa mengunjungi BBW pada tanggal 21 Oktober. Kalian tahu apa lagi yang gila? Aku baru memutuskan berangkat ke Surabaya semalam sebelumnya, yaitu tanggal 20 Oktober! Benar-benar gila bagiku yang selalu penuh perencanaan sebelumnya. Aku baru beli tiket kereta pukul 21.00 untuk keberangkatan pagi esok harinya. Untungnya masih banyak seat kosong di kereta yang aku naiki.

Malam hari itu pula aku cepat-cepat membuat list buku apa saja yang menjadi incaranku. Ditambah titipan beberapa teman. Aku berharap menemukan buku Tolkien dan George R.R. Martin disana. Ya, tidak ada salahnya berharap, kan?

Okay, langsung skip ke moment dimana aku sudah sampai di JX International Surabaya. Di pintu masuk langsung ditawari troli oleh petugasnya. Ya, tentu saja aku terima. Lalu first impression-ku saat masuk kesana adalah "Wow, so crowded! So huge!" karena kebetulan venue nya sendiri indoor dan sangat luas.


 

Buku-buku dipisahkan menurut genre nya. Ada fantasy, romance, literature, young adult, general, arsitektur, buku anak, dll. Banyak sekali! Di lantai dua terdapat booth menjual makanan dan sponsor. Yang aku lihat disana, paling banyak adalah section general dan arsitektur. Hampir 90% yang dijual adalah buku import, genre apapun itu. Buku lokal yang bisa ditemui di sana hanyalah buku-buku dari penerbit Mizan.


Bicara soal harga, ini sale buku termurah yang pernah aku datangi! Buku import dijual mulai dari 45.000 IDR. Kebanyakan novel yang aku temui disana dihargai 60.000-80.000. Padahal novel-novel tersebut pakai hardcover lho! Untuk buku import arsitektur, grafis, cooking, dll dihargai mulai 90.000 keatas. Semua buku tersebut dalam kondisi yang sangat bagus bahkan seperti baru. Sedangkan untuk buku lokal lebih murah lagi, mulai 10.000 IDR! Ada juga beberapa buku yang diberi diskon tambahan khusus untuk member BBW.


Beberapa buku juga dibandrol lebih murah karena dijual sepaket. Misalnya saja sepaket novel serial Maze Runner karya James Dashmer yang hanya dijual 200.000 padahal isinya ada empat buku. Ada juga buku Suzanne Collins, yaitu Hunger Games yang hanya dijual 150.000 untuk ketiga bukunya. Murah sekali kan?


Sistem pembayaran di BBW ini agak sedikit rumit untuk orang yang lebih suka pakai cash seperti aku. Mereka menjalankan sistem e-money, entah itu debit maupun kredit. Cash juga diterima, namun nominal maksimal hanya 150.000 IDR. Untuk transaksi lebih dari itu wajib pakai kartu. Yang dapat keuntungan lebih tentu orang yang memiliki akun bank Mandiri. Bank ini adalah sponsor dari BBW, jadi nasabah bank tsb tidak perlu repot untuk membayarnya. Untuk nasabah bank lain? BBW menerima kartu debit/kredit dari bank manapun KECUALI bank BCA. Sayangnya lagi, aku adalah salah satu nasabah bank BCA :")
Suasana kasir
Ya sempat hancur juga angan-anganku beli banyak buku. Aku punya akun bank lain sih, tapi bukan akun utamaku. Oke, tidak boleh menyerah, aku tetap membawa cash untuk jaga-jaga. Dan memang Tuhan mempermudah jalanku! Penjaga kasir memperbolehkan aku membayar cash asalkan uangnya pas. Mungkin mereka tidak menyediakan kembalian ya? Mungkin juga untuk mempercepat transaksi karena kebetulan kasir cash yang antriannya paling panjang. Kira-kira begini percakapanku dengan petugasnya:

Petugas: "Kakak pakai kartu bank apa bayarnya?"
Me: "Bank *** mas"
Petugas: "Oh, untuk bank *** di kasir sebelah sana ya kak"
Me: *lirik kasir cash* "Mas, kalau lebih dari 150.000 bayar cash aja bisa nggak?"
Petugas: *diam sejenak* "Boleh kak, langsung saja ke kasir tunai. Kebetulan ini sudah malam juga jadi antriannya ngga begitu panjang"

HAHAHAHAHAHAHA. .  . aku bersukur sekali!




Dari pengalaman pertamaku mengunjungi BBW, aku bisa ambil beberapa pelajaran:
  1. Rencanakan matang-matang kalau memang berniat mengunjungi BBW.
  2. Siapkan fisik dan mental. Kenapa? Karena tidak cukup satu dua jam saja di BBW. Aku sendiri kira-kira menghabiskan waktu 5 jam lamanya. Lelah? Pasti. Tapi juga senang!
  3. Membuat daftar buku incaran. Ini optional, karena pada kenyataannya tidak semua buku yang aku incar ada di sana. Kalau sudah begitu, aku langsung menyalakan mode go with the flow alias kalap saja. Haha.
  4. Misal ada waktu, usahakan ke BBW beberapa hari sekali. Ini aku tahu dari temanku sih. Saking banyaknya pengunjung, bisa saja buku yang kita incar belum di re-stock oleh petugasnya saat kita sedang di venue. Jujur, aku cukup sedih karena hanya bisa ke BBW satu kali saja.
  5. Siapkan kartu debit/kredit. Aku cukup beruntung karena bisa bayar pakai cash. Tapi bisa saja lain waktu tidak diperbolehkan.
No makeup, no.. just casual me.
 *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-

Side of the story . . .
 
Dari sekian banyak rak yang ada, tentu saja aku langsung menuju rak fantasy. Sayangnya, rak fantasy cuma ada dua. Dan aku tidak menemukan buku Tolkien disana. Tapi untungnya masih dapat Game of Thrones #4 dan #5. Sisanya? No, No. Buku pesanan temanku? Tidak ditemukan juga. Untuk masalah ini aku lumayan kecewa. But yeah, sudah jauh-jauh kenapa tidak sekalian belanja? ^^


Semoga BBW bisa diadakan lagi di Indonesia. Semoga buku incaranku selanjutnya ada semua! Semoga diberi kesempatan dan rezeki untuk kalap buku lagi! Haha.

Sekian dulu postingan (curhat) dariku.

Thanks for reading! ヽ(○´∀`)ノ♪

Share this:

,

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar. Kritik maupun saran juga boleh :D

© DEAR ★ UTOPIA. Powered by Blogger.